PENGUMUMAN
Nomor: 810/ 2826 /2008
Tentang
Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil dan Pelamar Umum
Pemerintah Kabupaten Rembang
Formasi Tahun 2008

Bersama ini diberitahukan bahwa Pemerintah Kabupaten Rembang dengan fasilitasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menyelenggarakan seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah dari Pelamar Umum dengan ketentuan sebagai berikut:

I. PERSYARATAN UMUM.
1. Warga Negara Republik Indonesia
2. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 1 Januari 2009 dan atau yang memenuhi ketentuan Peraturan Pemerintah nomor 98 Tahun 2000 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah nomor 11 Tahun 2002 dan ketentuan pelaksanaannya;
Catatan :
– Pendidikan S-1 maka usia tidak boleh lebih kecil dan 21 tahun;
– Pendidikan S-2 maka usia tidak boleh lebih kedi dan 23 tahun.
3. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan;
4. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan Pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena suatu tindakan pidana kejahatan;
5. Tidak pernah terlibat dalam suatu kegiatan / gerakan yang menentang Pancasila, UUD 1945, Negara dan Pemerintah Republik Indonesia;
6. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil / anggota TNI I POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
7. Telah terdaftar pada Kantor / Dinas Tenaga Kerja setempat, dibuktikan dengan Kartu Pencari Kerja (AK.I);
8. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Kepolisian Resort (Polres) setempat;
9. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan Surat Keterangan dan Dokter Pemerintah;
10. Tidak pernah mengkonsumsi/ menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya dibuktikan dengan Surat Keterangan dan unit pelayanan kesehatan pemerintah.
11. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia;
12. Bersedia tidak mengajukan permohonan pindah instansi di luar Instansi Pemerintah Kabupaten Rembang, sebelum memiliki masa kerja aktif sekurang-kurangnya 8 (delapan) tahun dihitung sejak Pengangkatan CPNS, dibuktikan dengan Surat Pernyataan yang dibubuhi materai Rp. 6.000,-.
Untuk persyaratan umum pada nomor 4 s/d 12 dilampirkan setelah lulus seleksi CPNS dalam pemberkasan penetapan NIP.

II. JENIS, JUMLAH FORMASI YANG DIBUTUHKAN DAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN YANG DISYARATKAN :
A. Tenaga Kependidikan : 224 formasi
B. Tenaga Kesehatan : 70 formasi
C. Tenaga Teknis Lainnya 42 formasi
Secara terperinci sebagaimana tercantum dalam lampiran I.

III. TATA CARA PENDAFTARAN DAN KELENGKAPAN PERSYARATAN.
1. Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun sampai 35 tahun sesuai dengan pp 98 Tahun 2000, berusia 35 tahun lebih sampai dengan 40 tahun sebagaimana diatur dalam PP 11 Tahun 2002.
2. Peminat yang memenuhi syarat kualifikasi dan persyaratan pendidikan untuk masing-masing jenis formasi dapat mendaftarkan diri dengan mengirimkan lamaran kepada Bupati Rembang melalui Pos.
3. Waktu Pendaftaran tanggal 4 Nopember sampai dengan 16 Nopember 2008 per Cap POS pada Pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB, serta harus dapat diterima oleh Tim Pengadaan CPNS paling lambat 2 (dua) hari setelah hari pendaftaran terakhir. Bagi Pendaftar yang mengirimkan lamaran secara Iangsung/tidak memakal jasa POS serta mengirimkan lamaran sebelum dan sesudah tanggal ditetapkan dinyatakan tidak berlaku/tidak sah/gugur.
4. Lamaran ditulis tangan sendiri tanpa materai ditujukan kepada Bupati Rembang dengan melampirkan:
.a 1(satu) lembar foto copy ijasah terakhir (bukan ijasah sementara/keterangan Iulus/bukti yudisium) yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang dan 1 (satu) lembar foto copy transkip akademik yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang serta foto copy Akta IV bagi pelamar yang mendaftar formasi yang disyaratkan sebagaimana tercantum dalam lampiran II.
.b Bagi pelamar yang memenuhi ketentuan Peraturan Pemenintah nomor 98 Tahun 2000 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah nomor 11 Tahun 2002 dan ketentuan pelaksanaannya, adalah usia paling rendah 18 (delapan belas tahun) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun per tanggal 1 Januari 2009.
KhUSUS bagi yang melebihi usia 35 (tiga puluh lima) tahun dan setinggi-tingginya 40 (empat puluh) tahun pada tangga 1 Januani 2009 harus melampirkan foto copy bukti-bukti telah bekerja (Surat Keputusan Pengangkatan) pada instansi/lembaga swasta benbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun secara terus-menenus sampai dengan 17 April 2002 (paling kurang 11 tahun 8 bulan dihitung sampai dengan 31 Desember 2008), yang dilegalisasi oleh kepala instansi/lembaga swasta berbadan hukum tempat mengabdi dan surat pemyataan bahwa yang bersangkutan masih melaksanakan tugas sampai dengan sekarang.
.c Foto Copy KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih benlaku dan dilegalisasi oleh Kepala Desa/ Kepala kelurahan setempat.
.d Pas foto hitam putih terbaru (Max 3 bulan terakhir) ukuran 3×4 sebanyak 4 (empat) lembar, disebaliknya ditulis nama dan alamat pelamar.
.e Berkas lamaran tersebut dimasukkan dalam amplop terbuka (tanpa lem) ukuran amplop 35 x 24,5 cm, ditujukan kepada P0 BOX 110/RB/59201, pada pojok kiri atas ditulis jenis dan kode formasi yang dilamar, dikirim dengan cara datang langsung ke Kantor Pos.
.f Selain berkas lamaran tersebut, didalam amplop pada huruf e wajib disertai amplop kecil ukuran 23 x 11 cm dengan mencantumkan nama dan alamat lengkap pelamar serta nomor telepon yang mudah dihubungi (untuk panggilan mengikuti tes/pengiriman nomor tes atau pemberitahuan pelamar yang tidak memenuhi syarat/berkas tidak Iengkap).
5. Dalam surat lamaran harus menuliskan data secara lengkap, sebagai berikut:
– Nama Lengkap (semua gelar pendidikan dituliskan di belakang nama);
– Jenis Kelamin;
– Tempat/ Tanggal lahir;
– Alamat Lengkap (Jalan, Dukuh/ Kampung, RT/ RW, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi);
– Nomor telepon Rumah dan HP bila ada (telepon yang mudah dihubungi)
– Mencantumkan formasi yang dilamar beserta kodenya dan kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan.
6. Pengajuan lamaran berdasarkan pada formasi yang dibutuhkan/dibuka dan kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan pada formasi jabatan.
7. Setiap peserta pendaftar/ pelamar hanya diperbolehkan mengajukan 1 (satu) jenis formasi. Apabila terbukti melamar lebih dan 1 (satu) formasi dinyatakan tidak sah/gugur semua.
8. Biaya jasa pengiriman pendaftaran dan balasan yang disyaratkan oleh PT POS Indonesia lewat layanan khusus pendaftaran CPNSD sebesar Rp. 11.500,- (sebelas ribu lima ratus rupiah) menjadi tanggungjawab pelamar.

IV. PELAKSANAAN UJIAN SELEKSI.
1. Ujian tertulis dilaksanakan serentak se Jawa Tengah pada Hail Minggu tanggal 7 Desember 2008 jam 09.00 WIB
2. Materi ujian
Ujian tertulis berupa tes kompetensi dasar (TKD) meliputi:
a. Tes Pengetahuan Umum (TPU)
(Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya, Hukum dan Hankam)
b. Tes Bakat Skolastik (TBS)
(Kemampuan Verbal, Kemampuan Kuantitatif dan Kemampuan Penalaran)
c. Tes Skala Kematangan (TSK)
(Kemampuan beradaptasi, Pengendalian diri, Semangat berprestasi, Integritas dan Inisiatif)
3. Perlengkapan yang dibawa pada waktu Ujian Seleksi:
a. Asli Kartu/Tanda Peserta Ujian CPNS Tahun 2008
b. Asli Tanda Pengenal Identitas Diri (KTP/SIM/KTA dll.)
c. Pensil 2B
d. KaretPenghapus
e. Rautan
f. Ballpoint
g. Alas tulis

V. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
1. Pengumuman hasil seleksi didasarkan pada hasil ujian tertulis sesuai urutan rangking tertinggi per jenis formasi dan kualifikasi pendidikan sesuai dengan jumlah alokasi formasi CPNS tahun 2008.
2. Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan oleh Panitia melalui papan pengumuman tempel di Kantor Bupati Rembang dan Kecamatan pada tanggal 31 Desember 2008.

VI. LAIN-LAIN.
1. Seluruh proses pengadaan CPNS mulai dan proses pendaftaran/pelamaran, pelaksanaan seleksi sampai dengan penentuan kelulusan tidak dipungut biaya (kecuali pengiriman surat lamaran oleh masing-masing pelamar lewat PT POS Indonesia) dan bebas dan praktek korupsi, kolusi, nepotisme serta pemalsuan dokumen CPNS.
2. Bagi pelamar yang terbukti melakukan perjokian dan atau memberikan Keterangan PALSU dinyatakan TIDAK LULUS / GUGUR dan akan dikenakan sanksi hukum yang berlaku.
3. Selama pelaksanaan pengadaan CPNS tidak menerima/melayani berkas lamaran yang dikirimkan secara Iangsung.
4. Seluruh dokumen yang telah diserahkan, menjadi milik Panitia dan tidak dapat diminta kembali.
5. Keputusan Tim Pengadaan CPNS Kabupaten Rembang Tahun 2008 tidak dapat diganggu gugat.

DOWNLOAD LAMPIRAN :lampiran-cpnsd-rembang