P E N G U M U M A N
Nomor : 810/3726/404.4.5/2008
Tentang
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERAH
PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO
DARI PELAMAR UMUM
FORMASI TAHUN 2008

Berdasarkan Keputusan Menteri Nrgara Pendayagunaan Aparatur Negara tanggal 31 Oktober 2008 Nomor : B/74.P/M.PAN/10/2008 tentang Persetujuan Rincian CPNS Daerah Pemkab Sidoarjo dan Surat Gubernur Jawa Timur tanggal 22 September 2008 Nomor : 810/17624/042/2008 tentang Jadual Pelaksanaan Pengadaan CPNS TA 2008, Pemkab Sidoarjo akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah dari Pelamar Umum
sejumlah 368 orang dengan rincian :

Tenaga Kependidikan : 259 formasi

Tenaga Kesehatan : 79 Formasi

Tenaga Teknis : 30 Formasi

A. PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Republik Indonesia, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ,
setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia ;
2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap;
3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri atau Pegawai Swasta ;
4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri ;
5. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo yang ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten.
6. Tidak berkedudukan sebagai anggota dan/atau pengurus partai politik ;
7. Tidak sedang menjadi isteri kedua dan seterusnya dengan seorang laki-laki atau tidak sedang mempunyai isteri kedua dan seterusnya dengan seorang wanita *)
8. Jika diangkat sebagai CPNS Pemkab Sidoarjo sanggup untuk tidak pindah keluar daerah minimal 5 (lima) tahun sejak diangkat sebagai CPNS.
9. Sehat jasmani dan rokhani dan tidak mengkonsumsi narkoba

B. PERSYARATAN KHUSUS TERDIRI DARI
1. Memiliki kompetensi pendidikan yang sesuai dipersyaratkan (Surat Keterangan Lulus/Ijazah Sementara tidak dapat diterima), dengan ketentuan :
a. Ijazah dari sekolah/perguruan tinggi luar negeri, harus telah mendapatkan pengesahan atau penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri ;
b. Ijazah dari perguruan tinggi negeri dan swasta yang terakreditasi telah mendapatkan pengesahan/ dilegalisasi oleh universitas yang bersangkutan;
c. Untuk ijazah yang diperoleh dari perguruan tinggi swasta yang belum terakreditasi harus menyertakan copy ijin penyelenggaraan dari Departemen Pendidikan Nasional yang telah dilegalisir;
d. Khusus untuk PGSD sudah terakreditasi/mendapatkan ijin penyelenggaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
2. Indeks Prestasi Komulatif (IPK) untuk pendidikan tinggi minimal 2,5 sedangkan untuk ijazah SMA nilai rata-rata minimal 7,5
3. Usia pada tanggal 1 Januari 2009 minimal adalah 18 tahun (lahir tanggal 1 Januari 1991 atau sebelumnya) dan usia maksimal sesuai ijazah dimiliki sebagai berikut :
? Berijazah Spesialis : 40 tahun (lahir 1 Januari 1969 dan sesudahnya)
? Berijazah Sarjana : 35 tahun (lahir 1 Januari 1974 dan sesudahnya)
? Berijazah Diploma : 30 tahun (lahir 1 Januari 1979 dan sesudahnya)
? Berijazah SMA : 25 tahun (lahir 1 Januari 1984 dan sesudahnya)
Khusus untuk dokter spesialis yang berusia lebih dari 35 tahun wajib melampirkan bukti telah bekerja pada instansi pemerintah atau swasta berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional minimal sejak tanggal 17 April 1997
4. Khusus untuk guru mata pelajaran Bahasa Inggris minimal harus memiliki TOEFL 700 (melampirkan sertifikat TOEFL)
5. Khusus untuk guru kelas (SD) yang berijazah D-2 PGSD harus melampirkan surat keterangan sedang kuliah S-1 PGSD dari universitas yang bersangkutan atau melampirkan ijazah S-1 Keguruan

C. PENDAFTARAN DAN PENYAMPAIAN BERKAS LAMARAN
I. Pendaftaran melalui Loket Kantor Pos dibuka tanggal 18 s.d. 28 Nopember 2008 (cap Pos)
? sebelum dan sesudah tanggal dimaksud dianggap tidak memenuhi syarat dan tidak akan mendapatkan balasan dari Panitia
? Panitia tidak menerima pendaftaran secara langsung
II. Kelengkapan Administrasi
1. Pas foto terbaru berwarna ukuran 3 X 4 sebanyak 4 (empat) lembar (belakang foto ditulis nama, pendidikan, dan jabatan dilamar)
2. Foto copy KTP sebanyak 1 (satu) lembar
3. Surat lamaran ditulis tangan sendiri dengan tinta hitam di atas kertas folio bergaris, ditujukan kepada Bupati Sidoarjo, dengan menyebutkan nama, tempat/tanggal lahir, pendidikan, jabatan yang dilamar, serta alamat jelas yang mudah dihubungi serta nomor telepon/HP (contoh terlampir)
4. Foto Copy Ijazah/STTB dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sebanyak 1 (satu) lembar .
5. Surat pernyataan memenuhi persyaratan umum dalam pelaksanaan penerimaan CPNS Pemkab Sidoarjo Tahun 2008 bermaterai Rp. 6000,- sebanyak 1 (satu) lembar diketik sesuai format (terlampir).
6. Amplop balasan (sampul standar ukuran 12 cm X 28 cm) ditempeli perangko flate rate Rp. 4.000,- bertuliskan alamat panggilan pelamar dan nomor telepon yang mudah dihubungi (bila ada). Bagi pelamar di luar Kabupaten Sidoarjo Untuk kemudahan pengiriman balasan dapat menggunakan alamat korespendensi di Wilayah Kabupaten Sidoarjo. Bila tidak ada perangko balasan dan alamat yang ditulis pelamar pada sampul amplop balasan tidak jelas/susah dihubungi, merupakan resiko pelamar.
7. Semua persyaratan diklip, dimasukkan dalam Amplop Coklat besar (sampul lamaran ukuran 24 cm X 35 cm) dikirim melalui loket Kantor Pos dengan mengganti biaya pengiriman layanan Flate Rate pada pojok kiri atas ditulis kalimat “ LAMARAN CPNS PEMKAB SIDOARJO” dan KUALIFIKASI PENDIDIKAN/JABATAN YANG DILAMAR, ditujukan kepada BUPATI SIDOARJO, dengan alamat Jl. Gubernur Suryo No. 1 Sidoarjo.

D. PENGUMUMAN TEMPAT UJIAN TULIS
Tanggal : 7-9 Desember 2008
Tempat :
a. Tenaga Kependidikan di Dinas Pendidikan Jl. Pahlawan No. 4 Sidoarjo
b. Tenaga Kesehatan di Dinas Kesehatan Jl. Mayjen Sungkono 46 Sidoarjo
c. Tenaga Teknis di Badan Kepegawaian Jl. Jakgung Suprapto 1 Sidoarjo
d. Kantor Pos Sidoarjo

E. PELAKSANAAN UJIAN
1. Tanggal : 10 Desember 2008
2. Waktu : 07.00 WIB s.d selesai
3. Tempat : Sesuai tertera pada papan pengumuman
4. Materi Ujian Terdiri dari :
a. Test Kompetensi Dasar (TKD) terdiri dari :
– Test Pengetahuan Umum (TPU),
– Test Bakat Skolastik (TBS)
– Test Skala Kematangan (TSK)
b. Test Kompetensi Bidang (TKB) Disesuaikan dengan formasi jabatan atau pekerjaan
5. Kelengkapan yang dibawa :
a) Tanda peserta ujian
b) Pensil 2B
c) Karet Penghapus
d) Rautan Pensil
e) Alas untuk menulis
6. Pada saat pelaksanaan ujian tidak diperkenankan membawa alat komunikasi dalam bentuk apapun.

F. PENGUMUMAN HASIL UJIAN TULIS
Pengumuman hasil ujian tulis pada tanggal 15 s.d. 20 Desember 2008 dapat dilihat :
a. Tenaga Kependidikan : Dinas Pendidikan Jl. Pahlawan 4 Sidoarjo
b. Tenaga Kesehatan : Dinas Kesehatan Jl. Mayjen Sungkono 46 Sidoarjo
c. Tenaga Teknis : Badan Kepegawaian Jl. Jakgung Suprapto 1 Sidoarjo
d. Kantor Pos se-Kabupaten Sidoarjo
G. LAIN – LAIN
1. Panitia TIDAK MEMUNGUT BIAYA APAPUN dari peserta.
2. Pemkab Sidoarjo tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Pemkab Sidoarjo atau panitia, sehingga pelamar diharapkan tidak melayani tawaran-tawaran untuk mempermudah penerimaan sebagai CPNS Pemkab Sidoarjo.
3. Berkas lamaran yang sudah masuk menjadi milik Panitia ;
4. Pelamar yang telah dinyatakan lulus namun mengundurkan diri, tidak akan diterima sebagai CPNS Pemkab Sidoarjo pada pengadaan pegawai baru pada tahun-tahun berikutnya.
5. Bagi pelamar yang terbukti memberi Keterangan PALSU dinyatakan TIDAK LULUS;
6. Keputusan Panitia Seleksi Penerimaan CPNS tidak dapat diganggu gugat;
7. Informasi resmi mengenai penerimaan CPNS, diumumkan melalui Radio Siaran Pemerintah Kabupaten (RSPK), situs Pemkab Sidoarjo dengan alamat Web Site http://www.sidoarjokab.go.id atau http://www.bkd.sidoarjokab.go.id

DOWNLOAD FORMASI : pengumuman-cpns-2008