PENGUMUMAN

No. Pol. : Peng/  4  /IX/2009/Panpus

tentang

PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) POLRI

SUMBER  PELAMAR UMUM T.A. 2009 SERTA RENCANA PENEMPATANNYA

  1. Rujukan ;
    1. Keputusan  Menteri  Pendayagunaan Aparatur  Negara Nomor : 239 Tahun 2009 tanggal 31 Agustus  2009 tentang Penetapan Formasi CPNS Polri T.A. 2009.
    2. Surat Keputusan Kapolri No. Pol. : Skep/435/IX/2009 tanggal 10 September 2009 tentang Pengadaan PNS Polri Sumber Tenaga Honorer/PHL dan Sumber Pelamar Umum T.A. 2009 serta Rencana Penempatannya.
  2. Sehubungan dengan rujukan tersebut diatas, Kepolisian Negara Republik Indonesia memberi kesempatan kepada Warga Negara Republik Indonesia yang  memenuhi persyaratan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Polri  T.A. 2009, sebagai berikut :
  1. FORMASI JABATAN DAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN YANG DIBUTUHKAN,  SEBAGAIMANA TERLAMPIR DALAM PENGUMUMAN INI.
  2. PERSYARATAN  UMUM
    1. Warga Negara Indonesia.
    2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    3. Berusia  serendah-rendahnya  18 (delapan  belas)  tahun  dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun  pada tanggal 1 Desember 2009.
    4. Usia  sampai  dengan  40  tahun  bagi  peserta  yang  memiliki  masa  pengabdian selama  5  tahun  berturut-turut  pada  Instansi  Pemerintah  pada  tanggal  17  April 2002,  dengan melampirkan Skep  yang mencantumkan nilai nominal/honoer yang diterima setiap bulannya yang disahkan oleh Pejabat Eselon II (Minimal berpangkat Kombes Pol).
    5. Tidak  pernah  dihukum  penjara  atau  kurungan  berdasarkan  putusan  pengadilan yang  sudah  mempunyai  kekuatan  hukum  tetap,  karena  melakukan  suatu  tindak pidana kejahatan.
    6. Tidak  pernah  diberhentikan  dengan  tidak  atas  permintaan  sendiri  atau  tidak dengan  hormat  sebagai  Pegawai  Negeri  Sipil  atau  diberhentikan  tidak  hormat sebagai swasta.
    7. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri.
    8. Bersedia  ditempatkan  diseluruh  wilayah  Negara  R.I.  atau  Negara  lain  yang ditentukan Pemerintah.
    9. Tidak menjadi pengurus dan atau anggota partai politik.
    10. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan ketrampilan yang diperlukan.
    11. Berkelakuan baik.
    12. Sehat jasmani dan rohani.
    13. Terdaftar  sebagai  pencari  kerja  di  Departemen  Tenaga  Kerja  dan  Transmigrasi (Depnakertrans) dengan melampirkan Kartu Tanda Pencari Kerja.
  1. PENDAFTARAN

(1)       Pendaftaran dilaksanakan melalui pos dengan alamat pada sampul surat :

PANITIA PUSAT PENGADAAN CPNS POLRI T.A. 2009

Gedung TNCC Lantai 10, Jl. Trunojoyo No. 3 Kebayoran Baru

Jakarta Selatan, Kode Pos : 12110

(2)       Pada   sudut   kiri   bawah   ditulis   Nama   Pelamar Laki-Lki +(L) atau  Perempuan +(P),  Kualifikasi  Pendidikan,  Jabatan  yang  dilamar,  Unit  Kerja  Penempatan  dan asal Provinsi pelamar.

Persyaratan administrasi pelamaran :

  1. Yang dilampirkan pada saat melamar via pos
    1. Surat lamaran (ditulis tangan dengan huruf balok dan tinta hitam) bermaterai Rp.  6.000,-  ditujukan  kepada  KAPOLRI  U.p.  De  SDM  Kapolri,  dengan menyebutkan Nama Jabatan dan Tempat/Unit kerja yang dilamar.
    2. Pas foto hitam putih ukuran 2 x 3 cm = 2 lembar, 3 x 4 cm  = 2 lembar  dan ditulis  nama   dibelakangnya   (tidak  memakai  tutup  kepala, kacamata,  jaket, rompi, kaos oblong, bando).
    3. Fotokopi  STTB/Ijazah  Dikum  terakhir  beserta  Transkrip/Daftar  Nilai yang digunakan untuk melamar serta disahkan oleh pejabat yang berwenang tahun 2009 :

(1)       Ijazah Pendidikan Tinggi :

a)         Yang  dikeluarkan  oleh  Universitas  dan  Institut,  dilegalisir  oleh Rektor,  Pembantu  Rektor  I  Bidang  Akademik/Wakil  Rektor  I Bidang  Akademik  atau  Dekan,  Pembantu  Dekan  I  Bidang Akademik/Wakil Dekan I Bidang Akademik.

b)         Yang  dikeluarkan oleh sekolah  Tinggi, dilegalisir oleh  Ketua atau Pembantu  Ketua  I  Bidang  Akademik/Wakil  Dekan  I  Bidang Akademik.

c)         Yang  dikeluarkan  Politeknik  dan  atau  Akademi,  dilegalisir  oleh Direktur  atau  Pembantu  Direktur  I  Bidang  Akademik/Wakil Direktur Bidang Akademik.

(2)       STTB SLTA oleh Kepala Sekolah.

(3)       Paket C oleh Kepala Dinas Pendidikan Tingkat Kabupaten/Kota.

  1. Fotokopi Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Institusi Kesehatan Resmi  milik  Pemerintah  (Puskesmas  atau  Rumah  Sakit,  ditanda  tangani, diregister  dan  di  stempel),  yang  disahkan  oleh  pejabat  yang  berwenang, dilampirkan pada saat mendaftar melalui pos.
  2. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres   setempat yang terbaru dan disahkan oleh Pejabat yang berwenang tahun 2009.
  3. Fotokopi  Akte  Kelahiran/Surat  Kenal  lahir  yang  disahkan  oleh  Pejabat  yang berwenang tahun 2009.
  4. Fotokopi Tanda Pencari Kerja (Kartu kuning) dari Depnakertrans dan disahkan oleh Pejabat yang berwenang tahun 2009.
  5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) disahkan oleh Lurah/ Kepala Desa tahun 2009.
  6. Fotokopi  sertifikat  (keahlian/ketrampilan/kursus)  yang  dimiliki  dan  disahkan oleh Pejabat yang berwenang tahun 2009.

Semua persyaratan tersebut di atas masing-masing dibuat rangkap 1 (satu).

  1. Asli  persyaratan  point  1.a  s/d  1.i  tersebut  di  atas,  diserahkan  kepada

Panitia  bagi  peserta  yang  dinyatakan  lulus  seleksi  penerimaan  CPNS

Polri T.A. 2009.

  1. Yang  dilaksanakan  dan  diserahkan  setelah  Pengumuman  Hasil  Ujian Tertulis dan Uji Kompetensi meliputi :
    1. Hasil  pemeriksaan  kesehatan  yang  dilaksanakan  pada  Institusi  Kesehatan Resmi  di  luar  Polri  meliputi: Jantung, Paru-paru, tidak  buta warna, bebas  narkoba, tidak dalam keadaan hamil (bagi  wanita) dan tidak terdapat kelainan/cacat pisik yang dapat menggangu pekerjaannya, dilaksanakan dan diserahkan  setelah Lulus Ujian Tertulis/Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Uji Kompetensi Bidang (TKB) secara aplikatif.
    2. Pemeriksaan keabsahan Ijazah/STTB asli (SD dan Dikum terakhir).
  1. Yang dilaksanakan dan diserahkan setelah dinyatakan lulus seleksi ujian CPNS Polri T.A. 2009, meliputi :
    1. Daftar Riwayat Hidup (DRH) lengkap menggunakan blanko standar BKN.
    2. Surat Pernyataan isi 5 point.
    3. Surat Pernyataan isi 3 point.
    4. Fotokopi Surat Keputusan (Skep) pengalaman bekerja bagi yang sudah pernah  bekerja dan disahkan oleh Pejabat yang berwenang.
    5. Asli persyaratan administrasi yang diserahkan pada saat melamar via pos.

Ketentuan lain :

  1. Berkas surat lamaran dibuat 1 (satu)  set/bendel dan dimasukan ke dalam stof map  serta diberi Nama, Kualifikasi Pendidikan dan Jurusan serta Kode Pendidikan.
  2. Stof map yang digunakan :
    1. Warna kuning, untuk pelamar berpendidikan S-1
    2. Warna biru, untuk pelamar berpendidikan D-3
    3. Warna merah, untuk berpendidikan  D1/SLTA/Sederajat.
    4. Stempel  Pos  paling  lambat  tertanggal  8  Oktober  2009,  berkas  paling lambat diterima oleh Panitia pada tanggal 15 Oktober 2009 pukul 15.00 WIB.
    5. Tidak menerima/melayani berkas lamaran pengiriman langsung yang diberikan oleh yang bersangkutan (harus melalui Pos).
    6. Berkas  lamaran  yang  telah  dikirim  ke  Sekretariat  Panitia  Pusat  Pengadaan CPNS Polri T.A. 2009 tidak dikembalikan.
  1. SELEKSI

Bagi  pelamar  y ang  memenuhi  syarat,  mendapat  Nomor  Peserta  Seleksi Pengadaan CPNS Polri T.A. 2009, yang akan diberitahukan melalui :

  1. Internet / Website : http://www.polri.go.id
  2. Dapat dilihat di Biro Personel Polda setempat  melalui Surat Telegram  Kapolri  yang ditujukan kepada Para Kapolda se-Indonesia.

Tahapan Seleksi :

  1. Tes Kompetensi Dasar (TKD) / Ujian Tertulis, meliputi :

a)       Tes Pengetahuan Umum (TPU)

b)       Tes Bakat Skolastik (TBS)

c)       Tes Skala Kematangan (TSK)

  1. Tes  Kompetensi  Bidang  /  Uji  Kompetensi  Bidang  secara  aplikatif  sesuai kualifikasi pendidikan yang dimiliki.
  2. Penyerahan hasil Rikkes dari Institusi Resmi di luar Polri meliputi : Foto/film Hasil Rontgen Paru-Paru, Lab. Darah Lengkap, Hasil Rekam Jantung, Tidak Buta Warna, Tidak  dalam  keadaan  hamil (bagi wanita), Tidak memiliki Kelainan/ Cacat fisik yang dapat mengganggu pekerjaannya dan Surat Keterangan Bebas Narkoba.
  3. Pemeriksaan keabsahan  Asli Ijazah/STTB  SD dan  Dikum terakhir sesuai kualifikasi pendidikan yang digunakan untuk melamar.

Waktu / Jadwal pelaksanaan seleksi :

jadwal1jadwal2jadwal3
Untuk formasi yang dibutuhkan silahkan download DISINI