SEKRETARIAT JENDERAL DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA Jalan Jenderal Gatot Subroto – Jakarta 10270

P EN G U M U M A N NOMOR : KP.03/300/DPR RI/X/2009 SELEKSI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL

SEKRETARIAT JENDERAL DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA

TAHUN 2009 Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik Warga Negara Indonesia lulusan S1 dan S2 untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dengan jabatan, kualifikasi pendidikan, golongan, dan alokasi formasi sebagai berikut :

NO JABATAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN GOL. RUANG ALOKASI FORMASI
1 2 3 4 5
1 Perancang Peraturan Perundang-undangan/ KODE LD S2 Hukum Pidana (kriminologi) III/b 4
S2 Hukum Perdata III/b 4
S2 Hukum Internasional III/b 3
S2 Syariah/Hukum Islam III/b 2
S2 Hukum Administrasi Negara III/b 4
S2 Hukum Ekonomi III/b 3
2 Peneliti/KODE PN Bidang HK/PDN/EKO/HI/KS/Parlemen (pilih salah satu)
* Peneliti Bidang Hukum S2 Hukum Adm. Negara III/b 2
S2 Hukum Ekonomi III/b 2
S2 Hukum Internasional III/b 2
S2 Hukum Tata Negara III/b 4
S2 Hukum Pidana III/b 6
S2 Hukum Perdata III/b 5
* Peneliti Bidang Politik Dalam Negeri S2 Ilmu Politik /Ilmu Adm. Publik III/b 3
S2 Ilmu Pemerintahan III/b 3
S2 Ilmu Administrasi Negara III/b 3
* Peneliti Bidang Ekonomi & Kebijakan Publik S2 Ilmu Ekonomi III/b 23
S2 Ilmu Manajemen III/b 4
S2 Akuntansi III/b 4
S2 Statistik III/b 1
S2 Pertanian III/b 2
* Peneliti Bidang Hubungan Internasional S2 Hubungan Internasional III/b 3
* Peneliti Bidang Kesejahteraan Sosial S2 Sosiologi III/b 3
S2 Kesejahteraan sosial III/b 3
S1 Kesehatan Masyarakat III/a 2
S2 Manajemen Pendidikan/Teknologi Pendidikan III/b 3
S2 Teknik Lingkungan III/b 2
S2 Kajian Wanita III/b 1
* Peneliti Bidang Keparlemenan S2 Psikologi SDM/Industri Organisasi III/b 3
S2 Hukum perdata III/b 1
S2 Hukum Tata Negara III/b 1
S2 Ilmu Politik/Ilmu Adm. Publik III/b 2
S2 Ilmu Manajemen III/b 2
S2 Akuntansi III/b 1
3 Pranata Komputer/KODE PK S1 Teknik Informatika III/a 5
S2 Teknologi Informasi III/b 5
4 Arsiparis/KODE ARS S1 Kearsipan III/a 2
5 Pustakawan/KODE PST S1 Ilmu Perpustakaan III/a 3
6 Penterjemah/KODE PTJ S1 Bahasa Inggris/ Sastra Inggris III/a 5
7 Penghubung Antar Lembaga/KODE PAL S1 Komunikasi III/a 1
S1 Hubungan Internasional III/a 1
8 Penyusun Bahan Kerjasama Luar Negeri/ KODE PBLN S1 Hukum Internasional III/a 2
S1 Hubungan Internasional III/a 3
9 Pranata Humas/ KODE PH S1 Komunikasi III/a 2
S1 Hubungan Internasional III/a 1
10 Adikara Siaran/KODE AS S1 Komunikasi III/a 2
11 Perencana Program dan Evaluasi/KODE PPE S1 Ekonomi Manajemen Keuangan III/a 1
S1 Ekonomi Akuntansi III/a 3
12 Penganalisis Organisasi dan Ketatalaksanaan/ KODE POK S1 Ekonomi Manajemen III/a 1
13 Auditor/KODE ADR S1 Ekonomi Akuntansi III/a 2
14 Penata Laporan Keuangan/KODE PLK S1 Ekonomi Akuntansi III/a 11

Persyaratan:

A.     KETENTUAN UMUM DAN PERSYARATAN
Ketentuan Umum :
1.     Proses seleksi penerimaan CPNS Setjen DPR RI Tahun Anggaran 2009 ini terbuka untuk semua warga Negara Indonesia.
2.     Peserta tes bersedia mengikuti seluruh proses tahapan seleksi di lokasi yang ditentukan atas biaya sendiri.

Persyaratan umum :
1.     Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta sehat jasmani dan rohani.
2.     Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan.
3.     Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
4.     Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun.
5.     Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.

Persyaratan khusus :
1.     Berijazah Magister/Master (S2) dan Sarjana (S1) sesuai dengan formasi jabatan yang dipilih pelamar.
2.     Lulusan Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, dengan persyaratan IPK  minimal :
a.     Pelamar lulusan (S2) 3,00 (tiga koma nol)
b.     Pelamar  lulusan (S1) 2,75 (dua koma tujuh lima)
3.     Berusia serendah-rendahnya 18 tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir setelah 30 November 1991), dan setinggi-tingginya 35  tahun pada tanggal 1 Desember 2009 (lahir setelah 30 November 1974).
4.     Nilai TOEFL 550 bagi pelamar jabatan Penterjemah, nilai TOEFL 450  bagi pelamar jabatan lainnya ( pelaksanaan tes TOEFL dalam tahun 2009).

B.     TATA CARA PENDAFTARAN
1.     Proses pendaftaran pelamar dapat diakses melalui website http://www.dpr.go.id dan http://www.penerimaan-pegawai.com mulai tanggal 24 Oktober 2009 s/d 7 November 2009 ditutup pukul 15.00 WIB.
2.     Mengisi formulir perdaftaran secara online dan mencetak fomulir tersebut lalu menandantanganinya dengan tinta warna hitam.
3.     Setelah mengisi formulir perdaftaran secara online, maka pelamar akan memperoleh nomor registrasi yang dapat di cetak/print.
4.     Mengirim formulir registrasi online yang dicetak, dengan dilampirkan :
(1)     Nomor Registrasi yang telah dicetak/print;
(2)     Satu lembar fotokopi ijazah berikut transkrip nilai yang sudah dilegalisir (cap dan tanda tangan asli);
(3)     Fotokopi Surat Keterangan Sehat dari dokter (terbaru);
(4)     Fotokopi tanda pencari kerja (kartu kuning Depnaker) yang masih berlaku;
(5)     Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
(6)     Pas foto terakhir ukuran 3×4 (berwarna) sebanyak 3 lembar: 1 lembar foto ditempel di formulir lamaran dan 2 lembar lainnya ditulisi nama pelamar di bagian belakang foto;
(7)     Fotokopi sertifikat TOEFL;
(8)     Fotokopi KTP yang masih berlaku.

Semua kelengkapan tersebut disusun rapi sesuai dengan urutan diatas dan dimasukan dalam map dengan warna :

Merah untuk lulusan S1
Biru untuk lulusan S2

Pada pojok kiri atas map ditempelkan nomor registrasi lalu map tersebut dimasukan kedalam amplop coklat, pada pojok kiri atas amplop ditempelkan nomor registrasi dan dikirimkan melalui pos tercatat PO BOX  4545 JKTM 12700 yang ditujukan kepada :

KETUA TIM PENGADAAN CPNS
SETJEN DPR RI T.A. 2009
PO BOX 4545 JKTM 12700
C. KARTU TANDA PESERTA UJIAN
1. Pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi akan diumumkan melalui website www.dpr.go.id dan www.penerimaan-pegawai.com.
2. Pengambilan nomor tes dengan membawa berkas asli yang tersebut pada tata cara pendaftaran (point 4)
3. Pengambilan Nomor test tidak dapat diwakilkan oleh orang lain.
D. TATA CARA PENDAFTARAN ULANG (Khusus yang lulus Tes)
Bagi Peserta yang telah dinyatakan lulus tes harap melakukan pendaftaran ulang pada :
Hari/tanggal : Kamis & Jum’at,  3 & 4 Desember 2009
Waktu : pukul 10.00 WIB
Tempat : Bagian Kepegawaian Setjen DPR RI Lt. 4 Gedung Sekretariat Jenderal DPR RI
dengan membawa kelengkapan :
1. Asli nomor/tanda peserta ujian CPNS.
2. Kartu identitas diri yang masih berlaku.
3. Surat lamaran kerja yang ditulis tangan bertinta warna hitam, ditujukan kepada :
YTH. SEKRETARIS JENDERAL DPR RI
JL. JEND. GATOT SUBROTO
JAKARTA 10270
4. 2 (dua) lembar fotokopi ijasah yang telah dilegalisir dengan ketentuan pejabat yang melegalisir yaitu :
JENJANG PENDIDIKAN PEJABAT YG MENGESAHKAN/MELEGALISASI FOTOKOPI
Universitas/Institut : Rektor atau Dekan
Sekolah tinggi : Ketua

5. Asli dan fotokopi  Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).   6. Asli dan fotokopi surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter puskesmas.   7. Asli dan fotokopi Surat keterangan tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah/Rumah Sakit pemerintah.     Setelah melakukan pendaftaran ulang calon CPNS Setjen DPR RI, diharap hadir pada :

Hari/tanggal : Senin,  7 Desember 2009
Waktu : pukul 10.00 WIB
Acara : briefing pengisian daftar riwayat hidup
Tempat : Ruang Pansus B  Lt. 3 Gedung Nusantara II Sekretariat Jenderal DPR RI (menyesuaikan dengan rapat-rapat Dewan).

E. KETENTUAN LAIN
1. Sekretariat Jenderal DPR RI tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Sekretariat Jenderal DPR RI atau Tim, sehingga Peserta diharapkan tidak melayani tawaran-tawaran untuk mempermudah penerimaan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Jenderal DPR RI.
2. Pelamar/peserta tes tidak diperkenankan menghubungi/berhubungan dengan pejabat/pegawai Setjen DPR RI dalam kaitannya dengan proses seleksi.
3. Informasi resmi yang terkait dengan seleksi CPNS Sekretariat Jenderal DPR RI 2009 hanya dapat dilihat dalam website DPR www.dpr.go.id dan www.penerimaan-pegawai.com. Para pelamar disarankan untuk terus memantaunya untuk melihat waktu dan tempat pelaksanaan tes atau pengumuman-pengumuman penting lainnya.
4. Setiap pelamar hanya diperkenankan mengirim satu berkas lamaran dan mendaftar hanya untuk satu nama jabatan. Apabila terdapat pelamar yang mengirim dua lamaran dengan jabatan yang berbeda, maka Tim Pengadaan akan menggugurkan kedua lamaran tersebut.
5. Tim hanya memproses berkas lamaran yang memiliki nomor berkas dan registrasi online yang telah dicetak/print.
6. Tim hanya menerima berkas lamaran yang disampaikan melalui PO BOX yang telah ditentukan dan tidak menerima format penyampaian lamaran lainnya.
7. Pelamar tidak diperkenankan melampirkan dokumen-dokumen lain selain yang telah ditentukan Tim Pengadaan CPNS Setjen DPR RI.
8. Berkas lamaran yang telah diterima Tim Pengadaan CPNS Setjen DPR RI menjadi hak milik Tim, dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
9. Berkas lamaran yang dikirimkan ke Sekretariat Jenderal DPR RI sebelum pengumuman pengadaan CPNS T.A. 2009 dinyatakan tidak berlaku.
10. Bagi mereka yang telah dinyatakan lulus hingga tahapan terakhir seleksi, tetapi mengundurkan diri diwajibkan mengganti biaya yang telah dikeluarkan Panitia sebesar Rp 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah), biaya tersebut selanjutnya akan disetorkan ke Kas Negara.

Jadwal & Alur Pelamar

Tahapan Seleksi Waktu
Pengumuman Penerimaan CPNS Setjen DPR RI melalui media cetak Kompas dan Media Indonesia
21 Okt 2009
Pendaftaran secara online dan pengiriman berkas
24 Okt s.d. 7 Nov 2009
Pengumuman kelulusan seleksi administrasi
12 Nov 2009
Pengambilan nomor/tanda peserta ujian CPNS
13 s.d. 14 Nov 2009
Tes Tertulis
15 Nov 2009
Pengumuman kelulusan Tes Tertulis
21 Nov 2009
Tes Psikologi
22 Nov 2009
Pengumuman kelulusan Tes Psikologi
25 Nov 2009
Wawancara
26 & 28 Nov 2009
Pengumuman kelulusan bagi peserta tes yang diterima menjadi CPNS Setjen DPR RI
30 Nov 2009

Alur : https://i0.wp.com/penerimaan-pegawai.com/dpr/images/alur.jpg

DAFTAR ONLINE