Pengumuman penerimaan CPNS dilakukan pada tanggal 10 november, Sumbar menerima sebanyak 7.304 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Terdiri dari 5.979 pelamar umum, 1.155 orang tenaga honorer dan 170 orang sekretaris desa/ nagari. Ujian untuk pelamar direncanakan pada 30 November 2008 mendatang.

Mereka semua nantinya akan mengisi formasi di kabupaten/kota dan provinsi. Jayadisman menjelaskan, terbanyak menerima pegawai dari pelamar umum adalah Pasaman Barat dengan mencapai 398 orang. Terendah Kota Solok dengan penerimaan 94 orang. Tapi kalau ditambah dengan tenaga honor yang tertinggi menerima pegawai adalah Kota Padang sampai 507 orang. Di Padang untuk pelamar umum 308 orang, 195 orang guru, 80 orang tenaga kesehatan dan 33 orang tenaga teknis.

Untuk pelamar umum difokuskan penerimaan untuk mengisi formasi guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis, tenaga kesehatan yakni dokter, bidan, perawat dan para medis. Pendidikan terakhir mereka yang ingin ikut ambil bagian dalam penerimaan ini minimal D3 atau S1.

Calon peserta ujian ini haruslah mereka yang berusia tidak lebih dari 35 tahun. Waktu mengajukan permohonan pelamar cukup membawa surat permohonan disertai dengan fotocopy ijazah dan fotocopy KTP. Sedangkan pembuatan soal nantinya akan kembali bekerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP).

Penerimaan pegawai tahun ini lebih untuk mengisi kekosongan yang ada di provinsi ataupun kabupaten/kota. Karena setiap tahun lebih dari 30 ribu pegawai yang pensiun. Di provinsi saja, ada sekitar 300 orang lebih yang pensiun setiap tahun. Kini hanya sekitar 7.266 orang pegawai yang tersisa.

Khusus penerimaan CPNS di lingkungan Pemprov, diakui Jaya Disman semula diajukan sebanyak 126 orang, tapi akhirnya ditambah sebanyak 12 orang lagi sehingga menjadi 138 orang. Untuk 12 orang tambahan itu berasal dari atlit dan pelatih berprestasi.

Soal Sekretaris Desa (Sekdes) yang di Sumbar lebih didominasi dengan Sekretaris Nagari (Seknag) sebelumnya sudah ditata sekitar tahun 2005 atau 2006 lalu. Dari pendataan itu, tahap awal sebanyak 170 orang berkesempatan untuk diangkat.