Punjab – Polisi India menahan seekor burung merpati. Penjaga bersenjata menjaga merpati dalam sangkar setelah ditangkap, setelah diduga menjalankan misi mata-mata dari negara tetangga Pakistan.

Merpati berwarna putih itu ditangkap oleh penduduk setempat di Punjab, India, yang berbatasan dengan Pakistan. Burung itu kemudian dibawa (baca: digelandang) ke kantor polisi yang berjarak 40 kilometer dari ibu kota Amritsar.

Saat ditangkap, Merpati itu mengenakan cincin di kaki, yang tercantum nomor telepon Pakistan dan alamat pada tubuhnya dengan tinta merah.

Ramdas Chahal Jagjit Singh, seorang polisi, mengatakan ia menduga bahwa merpati itu mendarat di tanah India dari Pakistan dengan membawa sebuah pesan, walaupun tidak ada jejak catatan telah ditemukan.

Para pejabat telah mengarahkan bahwa tidak ada seorangpun yang diizinkan untuk mengunjungi merpati itu. Polisi meyakinkan bawha merpati itu mempunyai misi khusus telik sandi.

Burung itu telah diperiksa secara medis dan telah disimpan di sebuah ruangan ber-AC di bawah pengawalan ketat polisi. Pejabat polisi setempat telah meminta untuk memberi laporan tiga kali sehari untuk situasi yang terjadi, seperti dilaporkan Kantor Berita Press Trust India.

Chahal mengatakan merpati Pakistan di daerah perbatasan yang sensitif akan mudah diidentifikasi karena mereka terlihat berbeda dari merpati milik warga India, papar Koran Indian Express.(Tempo-Interaktif)